Berdasarkan SK KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI Nomor 557/E/O/2022 Magister Ilmu Komunikasi resmi menjadi pragram studi baru pada program pascasarjana yang dikelola UNTAG Surabaya. Berupaya mencetak lulusan yang berwawasan High Academic Values, yang berarti ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia dalam rangka mengentas masyarakat dari kebodohan dan kemiskinan untuk masyarakat adil dan makmur.

Program Studi S2 Ilmu Komunikasi sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dibidang Komunikasi. Menyongsong era industri 4.0 Indonesia memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan Inovatif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor penguasaan bidang komunikasi. 

Dengan kekuatan SDM yang ada maupun dukungan dari Perguruan perguruan Tnggi Negeri serta para profesional di bidang marketing komunikasi serta didukung sarana prasarana pendidikan yang memadai UNTAG memiliki visi yang tinggi dalam menjembatani Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Ilmu Komunikasi dan terus mengembangkan ilmu pengetahuan agar mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi di luar negeri. Prodi Mikom Untag Surabaya akan memberikan dampak pada percepatan peningkatan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

Untag Surabaya sebagai universitas unggulan terbaik di Jawa Timur yang juga didukung oleh asosiasi profesi dan asoisasi lainnya yang terkait dengan bidang Ilmu Komunikasi Untag memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk meningkatkan SDM di bidang Ilmu Komunikasi yang semakin dibutuhkan di era saat ini melalui proses peningkatan jenjang akademik.

Peminatan pada Program Studi Magister Ilmu Komunikasi:

Marketing Communication
Peminatan Komunikasi Pemasaran menitikberatkan pada pengembangan strategi pemasaran baik secara teoritis maupun praktis; menganalisa berbagai faktor yang memengaruhi pemasaran; pendalaman terhadap konsep-konsep serta strategi dalam pengelolaan dan pengembangan merek secara berkelanjutan.

Corporate Communication
Membangun kemampuan mahasiswa dalam membangun komunikasi perusahaan secara terpadu; mengembangkan hubungan masyarakat yang strategis serta memperdalam kemampuan tata kelola perusahaan; membuat perencanaan kampanye bagi perusahaan; serta pengelolaan media internal dan eksternal dalam membangun corporate image.

Tourism Communication
Menitikberatkan dalam membangun strategi brand destinasi; menganalisis khalayak, potensi, dan permasalahan pariwisata berdasarkan teori dan metodologi guna memberikan solusi baik secara akademis dan praktis; menyusun proposal kampanye pariwisata; serta membuat konsep, ide, dan gagasan dalam mengembangkan strategi promosi pariwisata.